Review Spesifikasi Canon EOS R6, Kamera Full Frame Canon Terbaik

Tak hanya satu buah produk kamera, kali ini Canon secara resmi memperkenalkan dua kamera baru sekaligus, yakni Canon EOS R5 dan Canon EOS R6. Kedua kamera Canon tersebut hadir sebagai salah satu jenis kamera full frame terbaik di 2020.

Selain itu, baik itu Canon EOS R5 maupun EOS R6 sama – sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing. Namun pada pembahasan ini akan kami bagikan informasi seputar review spesifikasi Canon EOS R6 lebih lengkapnya untuk Anda. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Review Spesifikasi Canon EOS R6

Berbicara mengenai kamera full-frame baru Canon, EOS R5 dan EOS R6 memang dibekali dengan fitur yang berbeda. Misalnya, untuk Canon EOS R5 sendiri ternyata memiliki spesifikasi kelas atas. Artinya, kamera Canon baru tersebut memang dibuat secara khusus untuk segelintir orang, terutama bagi mereka yang cinta dengan dunia fotografer maupun videografer profesional.

Sebaliknya, untuk kamera Canon EOS R6 memiliki spesifikasi standar dan ditujukkan untuk para pemula. Soal harga Canon EOS R6 sudah pasti ada dibawah EOS R5. Apabila Anda tertarik untuk membeli Canon EOS R6, sepertinya Anda mesti bersabar dulu karena kamera full-frame milik Canon ini baru akan dirilis secara resmi di pasaran akhir Agustus mendatang.

Sementara itu untuk harganya sendiri terbagi menjadi beberapa varian. Untuk varian body online, Canon EOS R6 ditawarkan sebesar Rp 36.3 juta rupiah, varian body + lensa RF 24-105 F4-7.1 IS STM dibanderol sebesar Rp 42.4 juta rupiah, dan Rp 52 juta rupiah untuk varian body + lensa RF 24-105 F4-7.1 STM. Dan berikut ini akan kami bahas lebih lengkapnya seputar review spesifikasi Canon EOS R6 yang harus Anda tahu.

Review Canon EOS R6

Menjadi salah satu kamera Canon terbaik, EOS R6 digadang – gadang akan menjadi kamera unggulan di pasaran tahun 2020. Membahas lebih dalam lagi mengenai review spesifikasi Canon EOS R6, kamera tersebut ternyata dibekali dengan sensor CMOS 20.1 MP full-frame. Tidak hanya itu, Canon juga membekali kamera barunya ini dengan prosesor DIGIC X generasi baru Canon.

Lalu dari segi bodi, kamera Canon EOS R6 memiliki bodi terbungkus chassis dan dibuat dari bahan magnesium alloy dan bodi plastik. Meskipun demikian, body Canon EOS R6 diklaim sudah memiliki Weather Seal. Jadi sudah sangat aman dan pas banget untuk Anda gunakan dan bawa saat travelling. Tidak hanya itu, saja, Canon EOS R6 juga dibekali dengan Autofocus berteknologi canggih yang ternyata memiliki spesifikasi sama dengan kakaknya yang dibanderol dengan harga di atasnya.

Ya, Canon EOS R6 memiliki sistem Dual Pixel CMOS AF II dan dilengkapi pula dengan AF Area Coverage hingga 100%. Pastinya yang demikian menjadi salah satu keunggulan yang patut dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang ingin memiliki kamera Canon untuk pemula yang berharga terjangkau, tetapi tetap mampu menghasilkan gambar dan video yang ciamik.

Tidak hanya itu, kamera pada Canon EOS R6 juga sudah mendapat dukungan EYE atau AF Tracking untuk manusia juga berbagai binatang, mulai dari kucing, burung, dan anjing. Hal tersebut yang semakin membuat kamera Canon EOS R6 semakin cocok untuk Anda milik, terutama bagi Anda yang sering mengandalkan kamera untuk kebutuhan birding.

Kemudian untuk urusan memotret suatu objek, kamera Canon EOS R6 terbaru ini sudah memiliki kemampuan 12 fps plus mendapat dukungan Mechanical Shutter dan 20 fps dengan Electronic Shutter. Hadir di pasaran dengan tujuan tertentu, yakni untuk menggebrak pasar gadget dunia, Canon EOS R6 adalah kamera all-rounder terbaik untuk pemula yang harus banget jadi milikmu.

Bagaimana tidak, melalui kamera Canon EOS R6 inilah Anda bisa mengandalkannya dengan sangat baik untuk kebutuhan fotografi maupun videografi. Sementara itu pada sektor videonya sendiri, Canon EOS R6 sanggup merekam video dengan resolusi 4K 59.94 fps atau 1080p video hingga 119.88 fps hanya dalam 10 Bit 4 : 2 : 2 Canon Log H.265, atau yang juga disebut dengan HDR PQ H.265.

Sementara itu kamera Canon EOS R5 ternyata lebih unggul dari EOS R6. Bagaimana tidak, Canon telah membekali EOS R5 dengan video beresolusi 8K. Jika dilihat dari kemampuan rekam video Canon EOS R5 tersebut memang tidak semua orang membutuhkan resolusi sebesar itu. Untungnya, untuk memberi jaminan pengguna akan hasil foto yang bebas blur dan video yang mulus, Canon EOS R6 juga sudah dilengkapi dengan In Body Stabilization 5 Axis.

Lalu untuk sistem pengoperasiannya sendiri, Canon sudah menyediakan Electronic Viewfinder OLED sebesar 0.5 inch, dengan resolusi 3.69 juta Dot dan Refresh Rate hingga 120 Hz. Sementara itu untuk layarnya sendiri sudah dilengkapi dengan Fully Articulating yang memiliki bentangan hingga 3 inch dan resolusi 1.62 juta Dot.

Canon EOS R6 dilengkapi prosesor gambar generasi terbaru DIGIC X yang sebelumnya disematkan pada kamera DSLR flagship Canon EOS-1DX Mark III. Electronic Shutter di EOS R6 mampu memotret pada mode continuous shooting hingga 20 fps pada resolusi penuh. Bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang tetap aktif.

Fitur ini sangat membantu untuk fotografer aksi cepat, seperti fotografi olahraga atau satwa liar. Teknologi ini menempatkan Canon EOS R6 sebagai kamera mirrorless full-frame tercepat di kelasnya.

Fitur Unggulan Canon EOS R6

  • Prosesor DIGIC X yang berfungsi untuk mengurangi noise dengan lebih baik.
  • Sensor CMOS full-frame 20 MP yang bisa memotret hingga ISO 102.300 dan masih bisa ditingkatkan lagi hingga 204.800.
  • Dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF dengan kecepatan dan presisi yang tinggi.
  • Memiliki teknologi Face Detection dan Eye Detection AF, sehingga pengguna bisa menggunakan mode AF Priority yang nanti digunakan untuk memilih prioritas fokus pada manusia atau pun hewan.
  • Dibekali dengan fitur Autofocus yang tidak hanya bisa mengenali tubuh, tetapi juga kepala dan mata.
  • Memiliki teknologi 5 Axis In Body Image Stabilizer atau In Body IS.
  • Memiliki teknologi Optical Image Stabilizer atau Optical IS.
  • Memiliki dua slot kartu memori.
  • Memiliki bodi yang lebih ringkas.
  • Mendukung koneksi Wireless LAN berkecepatan 2.4 GHz tanpa aksesoris tambahan.
  • Bodi kamera sudah dilapisi dengan rangka magnesium alloy dan di desain tahan debu juga cipratan air.
  • Memiliki daya tahan hingga 300.000 Cycle Shutter.
  • Dilengkapi dengan layar LCD sentuh Vari Angle EVF dengan 2.69 juta titik.
  • Dilengkapi dengan mode Dial.

Demikianlah informasi seputar review spesifikasi Canon EOS R6, kamera full-frame Canon terbaik 2020. Semoga bermanfaat.

Scroll back to top