Rekomendasi Kamera untuk Vlog Terbaik dan Termurah

Vlog atau video blog saat ini sedang begitu digandrungi oleh banyak orang. Selain dapat menghasilkan uang, banyak vlogger, sebutan untuk orang yang membuat vlog, menginfestasikan waktu mereka membuat vlog untuk menghilangkan stress dan berbagi dengan orang lain. Kamera untuk vlog yang mereka gunakan pun tentu saja beragam, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Bagi seorang vlogger pemula, ponsel pintar bahkan bisa digunakan untuk merekam video mereka. Tidak perlu terlalu bagus dulu, sebab masih belajar memegang kamera yang benar, mencari sudut yang pas, dan melakukan editing video sederhana. Perlahan namun pasti, seorang vlogger akan mendapatkan pengikut atau yang biasa disebut dengan subscriber.

Atas dasar itu, vlogger pun akan memikirkan untuk membeli kamera yang sedikit lebih bagus dan mulai berhenti menggunakan ponsel pintar. Di Indonesia sendiri ada berbagai rekomendasi kamera untuk vlog yang biasa digunakan oleh vlogger, mulai dari yang profesional hingga yang istilahnya masih newbie. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan Anda informasi dari tiap rekomendasi kamera tersebut. Jika ini adalah informasi yang sedang Anda cari, ada baiknya membaca hingga selesai.

Kamera Untuk Vlog Tipe DSLR, Kamera dengan Kualitas Memuaskan

Kamera DSLR merupakan kamera terbaik yang bisa memberikan kualitas jernih pada hasil video Anda. Tipe kamera yang satu ini memiliki dua merek yang terkenal, yaitu Nikon dan Canon. Berikut adalah rekomendasi kamera untuk vlog dari tipe DSLR.

1. Nikon D5600

Sebenarnya Nikon memiliki berbagai jenis merek yang bagus juga. Namun kali ini kami akan merekomendasikan Nikon jenis D5600 ini untuk Anda. Sebab jenis D5600 sangat pas digunakan oleh vlogger pemula yang mengejar kualitas video terbaik. Lensa yang digunakannya adalah lensa standar dengan ukuran 18-55 mm VR.

Berbagai fitur yang turut serta dalam kamera ini juga adalah ia mampu “pulse” autofocus, di mana Anda tidak perlu susah lagi memfokuskan objek video Anda nanti. Kamera ini pun tidak berisik dan mampu melakukan transisi fokus yang halus saat digunakan merekam. Sayangnya, banyak pengguna Nikon masih belum puas dengan tidak adanya phase-detection autofocus sebagai fitur.

Padahal fitur itu berguna untuk menghaluskan pergerakan penggunanya saat merekam vlog dalam keadaan bergerak. Namun meski begitu, Nikon D5600 memiliki lensa yang dapat diputar dan tentunya dapat membantu Anda. Untuk harga, Nikon D5600 berada pada kisaran Rp. 6.449.000

2. Canon EOS 77D dan EOS 80D

Kamera Canon adalah kamera yang biasa digunakan oleh profesional dalam merekam video. Harga Nikon dan Canon pun terbilang cukup jauh. Jika Nikon berada di bawah 10 juta, maka untuk Canon 77D berada pada kisaran Rp. 10.050.000 dan Canon 80D sekitar Rp. 11.787.500. Harga yang berbeda sejuta tentu memiliki fitur yang berbeda pula.

Pada kamera 77D, teknologi auto fokus dengan Dual Pixcel CMOS sudah diterapkan guna memberi hasil terbaik pada rekaman video. Anda sebagai vlogger pun tidak perlu lagi memfokuskan kamera hanya karena ada objek bergerak yang Anda rekam. Sebab 77D sudah memberikan Anda fitur tersebut. LCD yang dimiliknya pun layar sentuh, belum lagi ada 5-axis sensor-shift image stabilization, serta digital IS yang akan menambah pengalaman merekam Anda.

Apa yang membedakan 77D dan 80D adalah pada desainnya. 80D datang dengan desain yang terkesan mewah, sensor 24.2MP APS-C CMOS, serta prosesor gambar DIGIC 6 yang jika digunakan mengambil sebuah video akan memberikan kualitas yang jernih hingga resolusinya mencapai 7 fps dan full HD hingga 25.600 saat digunakan merekam video dalam ruangan yang redup.

Kamera Untuk Vlog Tipe Mirrorless, Kamera yang Mudah Dibawa Ke mana Saja

Rekomendasi selanjutnya datang dari tipe Mirrorless. Perbedaan dari tipe ini dengan DSLR hanya pada bentuk. Jika sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tipe DSLR biasanya digunakan oleh mereka yang profesional untuk kerja-kerja kantor dan lapangan, tipe Mirrorless digunakan seperti kamera poket, kamera yang bisa dibawa ke mana saja, termasuk untuk merekam video blogger. Adapun berbagai tipe mereknya adalah sebagai berikut.

1. Olympus Pen E-PL9

Kamera ini dibuka dengan harga Rp. 8.100.000 pada sebuah situs belanja online. Harga yang mungkin terbilang mahal untuk ukuran kamera kecil ini sesuai dengan fitur terbaik yang dihadirkannya. Pertama, ia memiliki lensa kita 14-42 mm EZ Pancake. Kedua, ada fitur zoom untuk memperbesar objek video yang nampak kecil pada lesan. Ketiga, ia ada three-axis sensor-shift image stabilizer yang dapat menyeimbangkan rekaman video atau foto yang Anda ambil.

2. Sony Alpha A6000

Sony Alpha jenis ini berada pada kisaran Rp. 6.300.000 di sebuah situs belanja online. Harga yang seperti ini memberikan Anda kamera Mirrorless yang juga sangat bagus. Pertama, ia memiliki 179 titik phase detection yang berfungsi meningkatkan kecepatan jika objek atau subjek Anda bergerak dalam sebuah ruangan atau lokasi yang cukup terang. Kedua, ia memiliki sistem AF yang mampu mengambil 11 foto berturut-turut dengan kecepatan yang stabil dan fokus yang jernih.

Kamera Untuk Vlog Tipe Action Cam, Kamera Segala Momen

Terakhir adalah tipe Action Cam. Tipe yang satu ini diperuntukkan untuk para vlogger yang menyajikan konten-konten di luar, seperti perjalanan, berenang, dan lain sebagainya. Sebab tipe kamera Action Cam sangat mendukung untuk merekam momen yang sulit dan bahkan tidak bisa diambil oleh kamera tipe lain.

1. Xiaomi Yi 2 4K Sport dan Yi Sport 16 MP

Action Cam Yi 2 4K yang satu ini dinamakan 4K karena gambar yang dihasilkan berkualitas 4K. Di mana secara tampilan ia tampak cantik dengan bentuk yang super kompak. Warnanya yang merah jambu berbeda dari Action Cam lain yang gagah berwarna hitam. Yi 2 4K ini bisa dibawa ke mana saja. Entah itu Anda mau berenang, merekam video saat bersepeda, hingga menaruhnya di helm dan mendokumentasikan perjalanan. Harganya berada pada kisaran Rp. 1.899.000.

Nah, Yi Sport 16 MP adalah versi murah meriah dari Yi 2 4K ini. Harganya hanya Rp. 215.000 dengan kekuatan sensor hingga 16 MP. Lumayan besar untuk ukuran kamera tipe Action Cam. Jadi Anda bisa membawanya dengan mudah tanpa harus ribet sendiri.

2. GoPro Hero 8

Nama GoPro juga tidak asing lagi di telinga para vlogger. Kamera GoPro Hero 8 berbeda dari GoPro yang lain karena ia adalah yang paling baru. Karena baru, fitur tambahannya pun diperlengkap seperti adanya HyperSmooth yang akan membuat hasil video Anda tetap stabil meski bergerak dalam rekaman. Kualitas audio dari edisi ini pun ditingkatkan lagi. Untuk persoalan harga, GoPro Hero 8 dibuka pada Rp. 5.000.000 pada berbagai platform belanja online dan tergantung garansi yang akan diambil.

Jadi itulah tadi berbagai rekomendasi kamera untuk vlog yang bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu pilihan. Selain mempertimbangkan harga, Anda wajib untuk mempertimbangkan konten video seperti apa yang akan Anda buat. Misalnya, Anda berencana melakukan vlog perjalanan, di mana Anda akan cukup kesulitan jika membawa tipe kamera tertentu. Pilihannya tentu jatuh pada kamera tipe Action Cam tadi.

Apabila Anda masih segan membeli kamera profesional, sebaiknya pilihlah kamera dengan LCD yang bisa diputar. Kamera dengan jenis seperti itu bisa membantu Anda untuk menemukan sudut terbaik pengambilan video. Anda pun dapat melihat tampilan Anda di layar kamera. Lantas, kamera jenis apa yang akan Anda beli?

Leave a Comment

Scroll back to top