Kamera Mirrorless Adalah, Pengertian, Cara Merawat, dan Rekomendasi Terbaik Saat Ini

Berbicara tentang dunia fotografi, mungkin sebagian besar orang lebih familiar dengan istilah kamera DSLR. Namun, ternyata ada juga kamera mirrorless yang memiliki kemampuan tidak jauh beda dengan kamera DSLR. Hanya saja bentuk fisik yang lebih kecil dari DSLR yang paling kelihatan.

Pengertian Kamera Mirrorless Adalah

Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak mempunyai cermin serta jendela bidik seperti yang terdapat pada kamera DSLR. Ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat antara DSLR dan kamera mirrorless.

Perbedaan Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR

1. Ukuran

Secara ukuran, biasanya kamera mirrorless mempunyai ukuran body yang lebih kecil daripada kamera DSLR. Cermin dan prisma yang terdapat pada kamera DSLR lah yang membuat ukurannya menjadi cukup besar. Karena ukurannya yang lebih kecil, tombol dan pengaturan pada kamera mirrorless juga menjadi lebih ringkas sehingga bersahabat untuk para pemula.

2. Kecepatan Autofocus

Perbedaan berikutnya terletak pada kecepatan autofocusnya. Kecepatan autofocus pada kamera mirrorless memang bisa dikatakan lebih rendah daripada DSLR. Kebanyakan kamera mirrorless masih menggunakan teknologi contrast-detect autofocus yang menggunakan sensor gambar untuk menemukan titik kontras tertinggi untuk fokus. Akibatnya, pada cahaya yang rendah, autofocus cenderung menjadi lebih lambat.

3. Lensa

Pada kamera DSLR terdapat lensa tambahan yang bisa Anda beli terpisah seperti tele-zoom, ultra-wide, fish eye, mirror lens, dan sebagainya. Sedangkan pada kamera mirrorless tidak sebanyak kamera DSLR. Meski begitu, kini kamera mirrorless juga sudah berkembang untuk hal tersebut seperti adanya fitur adapter yang bisa digunakan untuk menyesuaikan lensa tambahan dengan dudukan pada kamera.

4. Daya tahan baterai

Perbedaan terakhir antara DSLR dan kamera mirrorless adalah pada daya tahan baterainya. Dalam aspek ini, sepertinya kamera DSLR memiliki keunggulan. Baterai pada kamera DSLR mempunyai daya tahan yang lebih tinggi karena mempunyai fitur viewfinder. Fitur ini membuat seseorang dapat menangkan gambar dengan tidak menggunakan EVF atau LCD yang dapat menguras daya baterai.

Cara Merawat Kamera Mirrorless

1. Selalu jaga kebersihan lensa kamera

Kebersihan lensa pada kamera mirrorless merupakan sesuatu yang benar-benar harus diperhatikan. Untuk membersihkan bagian lensa, Anda bisa menggunakan cleaning kit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa yang bisa ditemui di toko keperluan kamera. Sebagai catatan, jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke lensa. Sebaiknya, semprotkan pada lap microfiber dan usap ke lensa kamera.

2. Jauhkan dari air

Selanjutnya, sebisa mungkin jauhkan kamera mirrorless Anda dari air. Hal ini disebabkan karena kamera mirrorless sangat sensitif ketika terkena air. Air yang masuk ke dalam bagian kamera akan merusak komponen-komponennya. Selain itu, endapan air juga bisa membuat lensa menjadi mengembun. Daripada menggunakan air untuk membersihkan kamera, lebih baik gunakan cleaning kit seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

3. Menggunakan pelindung layar

Untuk menjaga supaya tetap aman, gunakanlah pelindung layar karena LCD pada kamera mirrorless adalah bagian yang cukup sensitif. Pelindung ini seperti halnya screen guard atau pelindung layar pada ponsel. Pelindung ini bisa melindungi layar dari goresan, debu yang menempel, atau bekas sidik jari. Mengenai harga, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pelindung layar banyak dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Bawa dengan tas khusus

Ketika hendak membawa kamera mirrorless Anda, usahakan untuk selalu menggunakan tas khusus. Tas khusus ini dilengkapi dengan bantalan empuk supaya terlindung dari benturan. Selain itu, pada tas khusus ini juga terdapat kantong-kantong untuk meletakkan charger, filter, lensa, dan lain-lain. Jangan pernah membawa kamera mirrorless dengan tas biasa jika tidak ingin kamera Anda rusak ketika terkena benturan.

tas khusus kamera

5. Menjaga kesehatan baterai

Kamera mirrorless umumnya menggunakan baterai tipe lithium ion dengan usia penggunaan 500 kali pengisian. Artinya, setelah melakukan 500 kali pengisian daya, kemampuan baterai pada kamera akan menurun dan mau tidak mau Anda harus segera menggantinya. Untuk menjaga kesehatan baterai, jangan letakkan kamera pada suhu ekstrem, baik itu terlalu dingin atau terlalu panas.

6. Menggunakan shoulder strap

Shoulder strap adalah tali untuk menggantungkan kamera ketika Anda sedang mengambil gambar. Sepertinya terlihat sepele, namun penggunaan shoulder strap ini ternyata cukup penting. Salah satu peran pentingnya adalah mengantisipasi jika kamera Anda terlepas dari genggaman tangan Anda sehingga tidak jatuh ke lantai atau tanah. Harga shoulder strap juga tidak terlalu mahal sehingga tidak ada alasan untuk Anda tidak memakainya.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

1. Panasonic Lumix GH5

Kamera Panasonic Lumix GH5 memiliki bobot yang cukup ringan dengan desain elegan. Salah satu model Panasonic Lumix ini mampu merekam video dengan resolusi 4K dengan gambar menawan. Tidak heran jika para pecinta fotografi atau vlogger memfavoritkan kamera ini. Untuk mendapatkan Panasonic Lumix GH5, Anda perlu mengeluarkan budget sekitar Rp21.000.000,00.

2. Sony Alpha A9

Rekomendasi berikutnya mengenai kamera mirrorless adalah Sony Alpha A9. Dibekali resolusi full frame 24 MP, sensor BSI-CMOS, dan juga fitur BIONZ X Processor, kamera ini siap menemani Anda dalam mengabadikan setiap momen-momen indah. Keunggulan dari Sony Alpha A9 adalah mempunyai resolusi maksimal 6.000 x 4.000 piksel dengan aspect ratio 16:9 dan 3:2. Kamera ini bisa Anda dapatkan dengan Rp50.000.000,00 sampai dengan Rp97.000.000,00.

Sony Alpha A9

3. Sony Alpha A5100

Satu lagi produk dari Sony yang masuk ke dalam rekomendasi kamera mirrorless terbaik, yakni Sony Alpha A5100. Bobotnya yang ringan membuat kamera ini nyaman dibawa bepergian. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp5.000.000,00 sampai Rp11.000.000,00. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan kamera berukuran 24,3 MP dengan ISO dari 100 sampai 16.000 ini.

4. Fujifilm X-A2

Fujifilm memang telah lama menjadi salah satu brand kamera yang mampu menguasai pasar. Kamera ini dilengkapi dengan lensa 16 MP serta sensor CMOS yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik, yakni resolusi maksimal 4.896 x 3.264 piksel. Yang menarik dari kamera dengan harga Rp5.500.000,00 sampai Rp11.000.000,00 ini adalah bisa ditekuk 180 derajat sehingga cocok untuk selfie.

5. Canon EOS M5

Canon EOS M5 mempunyai kemampuan untuk mendapatkan 49 titik autofocus serta mempunyai teknologi dual pixel autofocus untuk menangkap gambar dengan kecepatan 7 frame per detik. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu kamera mirrorless terfavorit akhir-akhir ini. Kamera yang dibanderol dengan harga sekitar Rp11.000.000,00 sampai dengan Rp25.000.000,00 ini juga telah dilengkapi handgrip dan viewfinder untuk kenyamanan penggunanya.

Canon EOS M5

6. Nikon J5

Bagi para pecinta dunia fotografer, tentu sudah tidak asing lagi dengan brand Nikon. Rupanya Nikon juga ikut bersaing dalam hal kamera mirrorless dengan Nikon J5. Dibanderol dengan harga sekitar Rp4.600.000,00, Nikon J5 telah memiliki teknologi sensor BSI CMOS dengan lensa 20.8 MP yang mampu merekam dengan kualitas Full HD.

Kamera mirrorless adalah sebuah solusi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia fotografi namun belum memiliki budget yang cukup untuk membeli kamera DSLR. Meski terbilang lebih murah, namun kualitas yang dihadirkan dari kamera jenis ini tidak kalah bagusnya dan tetap bisa mengabadikan momen istimewa yang Anda temui.

Leave a Comment

Scroll back to top